IIB Darmajaya–PT Tunas Dwipa Matra Gelar Webinar Sharing Tips & Trik Self Branding

BANDARLAMPUNG – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya bersama PT Tunas Dwipa Matra menggelar webinar Sharing Tips & Trik Self Branding pada, Kamis (6/5/2021).
Hadir sebagai pembicara Indra Pradya yang digelar melalui zoom meeting. Webinar dan diikuti 91 mahasiswa IIB Darmajaya. Kegiatan itu dibuka langsung Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset Dr. R.Z. Abdul Aziz, S.T., M.T.

Abdul Aziz mengatakan kegiatan ini juga untuk menambah wawasan mahasiswa untuk mencitrakan diri lebih baik di hadapan publik. “Personal branding menjadi salah satu hal yang penting dalam bersosialisasi,” kata dia.

Sebagai mahasiswa, lanjut Warek 1, dapat diimplementasikan sejak dini untuk menarik perhatian pencari kerja. “Branding diri baik, maka perusahaan ataupun rekan menjadi pemasaran diri Anda akan memberikan rekomendasi baik kepada perekrut kerja. Materi ini juga sangat relevan kepada adik-adik yang akan memasuki lapangan kerja,” tuturnya.

Sementara, Indra Pradya dalam materinya menuturkan cara memperkuat personal branding, pertama kenali diri dengan melihat potensi lalu pahami personal value dari kelemahan dan kelebihan diri sendiri. “Tentukan untuk apa brand yang Anda bangun, mulai dari atribut, performa yang sesuai, sesuatu yang spesifik dan fokus,” ungkapnya.

Indra yang dikenal dengan Dunia Indra juga menyarankan untuk menentukan target audience dalam memperkuat personal branding. “Lakukan riset untuk menentukan hal apa yang harus dibangun dan ditingkatkan,” tuturnya.

Perhatikan kemampuan nyata dengan peran di setiap acara. “Bukan ngeksis, eksistensi bukan berarti hadir di semua acara, tetapi memiliki peran di setiap acara. Bangun laman digital yang positif dengan buat konten yang positif dan tidak membuat hal-hal negatif di media sosial,” ujarnya.

Memperluas jaringan, lanjut Indra, sangat penting dalam memperkuat personal branding. ”Karena dengan adanya pertemanan yang banyak juga membuat kita secara personal dapat membangun citra baik. Paling penting konsisten karena ketika melakukan sesuatu di awal harus sejalan ketika mencapai titik tertentu tujuan akhir personal branding,” imbuhnya.
Indra menambahkan terdapat empat investasi penting yang harus dilakukan sebagai mahasiswa atau milenial. “Edukasi, pengalaman, prestasi, dan jaringan. Keempat hal tersebut bagian harus diperoleh sejak muda untuk menjadi jalan kesuksesan,” pungkasnya. (**)