DINAS KESEHATAN TANGGAMUS BERSAMA BINDA LAKSANAKAN VAKSINASI

Tanggamus – Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Provinsi Lampung kembali mengadakan vaksinasi massal Covid 19 di Kabupaten Tanggamus, Kamis 10 Maret 2022 lalu. Kegiatan vaksin ini dilaksanakan di pekon Gisting Bawah dan Pekon Purwodadi bertempat di Gedung Serbaguna atau Balai Pekon masing-masing dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam melaksakan target vaksin tersebut, selain melakukan vaksinasi di Gedung Serba Guna , tim dari BINDA dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus juga melakukan vaksinasi secara door to door, dengan sasaran para lansia atau yang rumahnya jauh dari balai pekon. Serta peserta vaksinasi juga diberi minyak goreng 1 pcs ukuran 900 ML.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BINDA Provinsi Lampung Iwan Satriawan, Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat, Plt Kepala Badan Kesbangpol Tanggamus Iyen Mulyani, Camat Gisting Purwanti dan jajaran Uspika Gisting.
Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada BINDA Provinsi Lampung yang telah mendukung pemerintah Kabupaten Tanggamus dalam upaya percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tanggamus.
“Apresiasi yang setinggi-tingginya serta penghargaan yang tulus atas dedikasi dan kerja keras seluruh pihak, khususnya para dokter, tenaga medis dan tenaga kesehatan lainnya, dalam proses pemberian vaksin kepada masyarakat Tanggamus,” ujar Bupati.

Dewi Handajani menerangkan, untuk di Kabupaten Tanggamus, berdasarkan data sampai 8 Maret 2022, dari jumlah sasaran vaksinasi sebanyak 471.722 orang, cakupan vaksinasi dosis I telah mencapai 407.125 orang atau 86,31% dan cakupan vaksinasi dosis II mencapai 271.107 orang atau 57,47 persen.
“Sedangkan cakupan vaksinasi dosis III mencapai 10.248 orang atau 2,17 persen ” katanya.
Dalam kesempatan itu Bupati kembali mengimbau masyarakat Tanggamus agar mengunjungi puskesmas maupun gerai pelayanan vaksinasi di pekon, untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi dosis 1, dosis 2 maupun dosis 3.

“Kita tidak boleh lengah karena virus terbaru Omicron cepat menyebar. Tingkatkan kewaspadaan kita dan bagaimana kita berdisiplin dengan protokol kesehatan, sehingga pandemi ini cepat berakhir,” ujarnya.
Sementara, Kepala BINDA Provinsi Lampung, Iwan Satriawan dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut atas perintah Presiden RI Joko Widodo kepada Kepala BIN RI Jenderal Pol. Budi Gunawan. Yaitu untuk ikut membantu melaksanakan kegiatan vaksinasi di tahun 2022 yang menargetkan pencapaian Vaksinasi 75 persen di tingkat Nasional.

“Provinsi Lampung mendapatkan kuota sebanyak 800 ribu dosis, dan setiap bulan 65 ribu dosis harus kita targetkan. Vaksinasi yang dilaksanakan kali ini kita menyediakan 1.200 dosis yang dibagi dalam dua lokasi. Disamping itu juga kami juga menyediakan bantuan minyak goreng untuk masyarakat yang mau melakukan vaksin sebagai daya tarik yang sama-sama kita ketahui bahwa saat ini masyarakat kesulitan dalam mencari minyak goreng,” katanya. (Red)